Jumat, 31 Januari 2014

AIR SUSU IBU (ASI)

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Air susu ibu khusus dibuat untuk bayi manusia. Kandungan gizi dari ASI sangat khusus dan sempurna serta sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang bayi.

ASI di bedakan dalam tiga stadium yaitu :

1. Kolostrum

        Kolostrum adalah air susu ibu yang pertama kali keluar. Kolostrum ini disekresi oleh kelenar payudarab pada hari pertama sampai hari keempat pasca persalinan. Kolostrum merupakan cairan dengan viskositas kental,lengket dan berwarna kekuningan. Kolostrum mengandung tinggi protein,mineral,garam,vitamin A, nitrogen, sel darah putih dan antibodi yang tinggi dari pada ASI matur. Selain itu kolostrum masih mengandung rendah lemak dan laktosa. Protein utama dalam kolostrum adalah immunoglobin yang digunakan sebagai zat antibodi untuk ,encegah dan menetralisir bakteri, virus,jamur dan parasit.
          Walaupun volume kolostrum yang keluar sedikit menurut ukuran kita, tetapi volume kolostrum yang ada dalam payudara mendekati kapasitas lambung bayi yang berusia 1 - 2 hari. Volume kolostrum antara 150 - 300 ml/ 24 jam.

2. ASI Transisi atau Peralihan

          ASI peralihan adalah ASI yang keluar setelah kolostrum sampai sebelum ASI matang, yaitu sejak hari ke 4 sampai ke 10. Selama 2 minggu, volume airbsusu bertambah banyak dan berubah warna sta komposisinya. Kadar imunoglobin dan proteinmenurun, sedangkan lemak dan laktosa. meningkat

3. ASI Matur

            ASI Matur disekresi pada hari ke sepuluh dan seterusnya. ASI matur tampak berwarna putih. Kandungan ASI matur relatif konstan, tidak mengumpul bila dipanaskan.
            Air susu yang mengalir pertama kali atau saat lima menit pertama di sebut foremik. Foremik lebih encer. Foremik mempunyai kandungan rendah lemak dan tinggi laktosa, gula, protein,mineral dan air. Selanjutnya, air susu berubah menjadi hindmilk. Hindmilk kaya akan lemak dan nutrisi. Hindmilk membuat bayinakan lebih cepat kenyang. Dengan demikian bayi membutuhkan keduanya,Baik foremik maupun hindmilk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar