Minggu, 27 April 2014

Memanjakan Diri Semasa Hamil

Relaksasi memang sangat penting di rasakan oleh ibu hamil, karena dengan kondisi tubuh yang rileks dan tenang, secara otomatis, ibu akan mengeluarkan hormon endorfin dan oksitoksin, yang pada akhirnya akan membantu kelancaran proses melahirkan dan kebahagian dalam diri ibu sendiri. Namun, tidak selamanya ketenangan harus dilakukan dengan cara relaksasi hipnosis

Mencari kondisi rileks juga dapat dilakukan secara mudah dengan memanjakan diri ibu hamil yaitu membuat pikiran ibu menjadi tenang, bahagia, dan menikmati hidup tanpa emosi negatif. Selama ibu yakin bahwa aktivitas yang dilakukan dan tidak membahayakan dirinya atau janin.

Beberapa hal yang bisa dilakukan saat hamil antara lain:

1. Pijat

Jika ibu menyukai pijat,ibu masih dapat melakukannya, selama tidak membahayakannya. Saat ini, ada begitu banyak tempat pijat yang menyediakan layanan khusus bagi ibu hamil. Jika tidak menemukannya di sekitar tempat tinggal, ibu bisa memanggil pemijat langganan, tetapi ibu wajib memberitahu keluarga bahwa ibu sedang hamil berikut dengan usia kehamilannya. Sebaiknya hindari pemijatan di bagian perut.

2. Jalan - Jalan, Berbelanja (shopping)

Berbelanja atau sekedar jalan - jalan bersama teman adalah kegiatan yang menyenangkan. Lebih - lebih jika ibu memang menyukai kegiatan ini. Tidak harus membeli apapun,yang penting ibu bisa menikmati masa - masa berkumpul denhan teman - teman sambil berjalan - jalan. Ini adalah kegiatan yang positif dan memberikan kebahagian saat hamil. Lakukan kegiatan ini saat ibu yakin tidak ada masalah pada kehamilan yang mengharuskan ibu untuk beristirahat.

3. Mendengarkan Musik

Untuk ibu yang bersifat auditif ( terpusat pada pendengaran), mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan dan dapat langsung membawa ibu kebahagiaan dan ketenangan.pilihlah musik yang berirama gembira dan yang sungguh - sungguh disukai.
Bermain alat musik juga merupakan kegiatan yang sangat baik untuk di lakukan bagi ibu yang gemar bermain musik. Selain melakukan kegiatan yang di sukai, ibu juga memperdengarkan irama musik dan menunjukkan keahlian bermain musik ibu pada janin. Ajaklah ia untuk menikmati permainan ibu.

4. Menonton Film

Jika ibu senang menonton film, siapkan sebanyak mungkin film yang menghibur. Sebaiknya menonton film yang bertema komedi atau drama dengan akhir membahagiakan. Saat Menonton film kondisi otak masuk dalam kondisi rileks dan fokus pada film. Jika film itu sedih, ibu akan ikut menangis. Karena itu, pilihlah film yang bahagia dan menyenangkan agar pikiran ibu tidak tertekan dan tetap bahagia.
Sebaiknnya menonton film dilakukan di rumah, karena jika menonton di bioskop dengan tema film yang dipilih memilik adegan-adegan keras dwngan bunyi yang cukup kencang, biasanya janin merasa terusik sehingga ia tidak tenang.  Ketidaknyamanan yang ia rasakan ini dapat berwujud gerakan - gerakannya yang mendadak sangat aktif ketika di bioskop

5. Olahraga

Sejatinya, olahraga tidak di larang ketika ibu sedang hamil, sejauh olahraga yang dipilih tidak berbahaya dan masih dalam tahap yang wajar. Olah raga yang justru di anjurkankan adalah berenang dengan catatan bahwa kehamilannya normal dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar