Jumat, 04 April 2014

Touring pulau berhala

Tepatnya pada tanggal 25 april 2014 mahasiswi D4 bidan pendidik usu nekad melakukan toring ke pulau berhala. Dengan penuh perjuangan. Kami Bangun jam 4 subuh, berhubung masih pagi - pagi buta belum ada angkutan ataupun becak. Akhirnya kami memutuskan jalan kaki dari kost ke depan pintu 4 USU dan itu sungguh luar biasa capeknya. Tepat jam 5 pagi kami berangkat dari medan menuju pelabuhan. Awalnya merasa takut,khawatir di karnakan yang berangkat pada hari itu semua perempuan wonder women. Yaahhh walaupun gakda cowok, kita - kita juga bisa kalii jadi cewek mandiri. Kemana - mana serba mandiri. Hehe
Dan hal yang buat kita itu merasa betul2 berlibur,di pulau ini tidak ada sinyal, jadi kita bisa bebas dan terlepas komunikasi dengan keluarga, teman - teman dan pacar. (Bagi yang punya pacar)

    Untuk informasi buat teman -teman tentang pulau berhala ini supaya tidak banyak yang menyakan tentang dimana lokasi pulau berhala.soalnya saya capek jawabnya dan pertanyaannya itu - itu aja, bukan pelit informasi tapi begitulah malas ngasih informasi ke orang - orang yang pertanyaannya itu beranak cucu. Nyebelin banget

" Pesona Pulau Berhala"

Nama Pulau Berhala mungkin masih asing dan jarang terdengar bagi sebahagian orang, Bahkan banyak orang yang sudah mendengar namun salah mengerti . Sebab  sejauh ini ada dua pulau yang diberi nama Pulau Berhala Di Indonesia. Salah satunya di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara.Informasi dari Dandim Kodim204/ DSLetkol inf. Syaepul Mukti Ginanjar, Pulau terluar NKRI ini memiliki luas14,75 Ha. Sedangkan Pulau Berhala lainnya terletak di antara Provinsi Jambi Dan Kepulauan Riau dan luasnya Hanya 2,5 Ha. Sempat terjadi perebutan pulau tersebut antaranpemerintah provinsi Jambi dengan Kepri, namun 21 Februari 2013 lalu , Mahkamah Konstitusi (MK), mengeluarkan putusan jika Pulau Berhala masuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Ini hanya penjelasan atas kesamaan nama pulau berhala ,namun bukan ini yang akan dibahas dalam tulisan ini .

Pulau Berhala yang terletak di Kecamatan Tanjung beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera ini sendiri memiliki akses terdekat dari beberapa pelabuhan di pantai timur Sumatera Utara . Misalnya dari pantai Cermin , Serdang Bedagai dan pelabuhan Tanjung Tiram, di Kabupaten Batubara.

Dari pantai Cermin, pengunjung yang akan menuju pulau ini bisa menyewa kapal nelayan untuk menyebrang ke Pulau Berhala.Sampai saat belum ada kapal penyeberangan umum ke Pulau Berhala,biaya sewa kapal berkisar Rp 800 ribu -- Rp 1,5 juta/malam. Beberapa orang yang pernah ke sana memilih untuk berangkat bersama rombongan agar hemat biaya. Untuk dana rombongan berkisar 500 ribu perorang itu sudah termasuk touringnya.

Di pulau ini belum ada penginapan konvensional . Kalau ingin menginap di sana, sebaiknya membawa sendiri tenda . Pilihan lain, Anda bisa menyewa mess mariner yang ada di Pulau Berhala. Sama halnya dengan Logistik makanan dan minuman maupun rokok bagi perokok. Semuanya harus dibawa sendiri karena tidak ada yang menjual makanan dan minuman di sana.

Di Pulau Berhala pengunjung dapat menikmati beberapa kegiatan . Bisa trekking, snorkeling, bahkan jika beruntung dapat melihat penyu bertelur atau bermain-main di pasir pantainya.

PulauBerhala pertama sekali sekitar tahun 2008 diduduki oleh pasukan TNI ,Serjumlah 35 personil yang terdiri dari dari TNI angkatan laut dan Angkatan darat di siagakan menjaga pulau terluar NKRI iniYakni anggota Mariner III Lampung, danYonif 126 / Kala Cakti Kisaran.Tiap enam bulan sekali dilakukan pergantian pasukan.

Pulau Berhala yang berada di wilayah laut Provinsi Sumatera Utara. Pulau ini sendiri diapit oleh dua pulau kecil di sisi kiri dan kanannya. Yakni pulau Sokong kakek yang memiliki luas 0,8 ha dan pulau Sokong Nenek yang memiliki luas 0,5 Ha.

Perjalanan menembus dingin malam dan angin laut terbayarkan lunas, bahkan bisa dibilang lebih dari yang dibayangkan. Saat kapal bersandar di dermaga kecil di Pulau Berhala. Pulau Berhala yang merupakan pulau terluar Indonesia dari Pantai timur pulau sumatera yang berbatasan langsung dengan perairan negara jiran Malaysia.

Di atas pulau terdapat Mercusuar , Dapat dicapai dengan menapaki 770 anak tangga di kemiringan yang mencapai 70 derajat .Tak hanya sampai disitu, Pemandangan yang lebih menakjubkan dapat dinikmati dari Puncak menara suar. Meski kondisi lelah dan kaki mulai sakit akibat tak terbiasa berolahraga secara teratur, berberapa peserta menaiki 85 anak tangga lagi menuju puncak menara di ketinggian sekitar 50 m dari permukaan tanah..Peserta pun tak membuang kesempatan untuk berpoto di puncak menara.Dari puncak menara, pandangan mata bebas memandang lepas ke sekeliling pulau.

Keindahan yang disajikan tak sampai disitu saja, selain menikmati pantainya yang bersih dan alami, pantai ini menyimpan keberagaman terumbu karang dan biota laut, jika ingin bersnorkeling (mengamati kendahan dasar laut ) ataupun diving (menyelam )tempat terbaik dapat ditemukan di pulau berhala atau pulau sokong kakek dan pulau sokong nenek.Aneka jenis karang keras atau karang lunak dan warna warni ikan penghuni karang dapat di lihat di kedalaman menyelam terbaik 4 hingga 25 meter.

Sekedar info buat teman - teman yang masih banyak ingin berkunjung ke berhala island. Dan bagi teman2 yang mau kesana, silahkan kunjungi berhala island dengan touring ardian syahputra "jejak sumatera tour" 
Terima kasih
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar